Kamis, 09 Mei 2013


Bermula dari SD aku sering meminjam body protector Taekwondo abang gue. Entah hanya aku mencoba pakai atau di lihat- lihat saja. Secara penasaran banget saat masih kecil, masih imut- imutnya. Sering juga pukulin kicking target focus nya. Kadang juga sering diajak abang berantem terus diajarin juga jurus- jurusnya. Bagaimana cara menghindar dan menyerang lawan. Lama kelamaan jadi seneng banget yang namanya silat atau semacamnya. Sampai pernah aku nyuruh di buatin sansak gantung yang isinya pasir, tapi katanya nggak boleh sih, katanya cewek kog mainannya kayak begitu nggak wajar. Yah apa boleh kata nggak jadi di buatin sansak gantung deh. Sebenernya aku juga pernah meminta untuk ikut Taekwondo di Langenharjo (tempat latihan Taekwondo) tapi katanya nanti aja pas udah SMP lagi boleh ikut.

Akhirnya udah SMP saatnya aku bisa ikut Taekwondo, tp ada banyak kendala juga yang nggak bisa aku ikut Taekwondo, karena tempat latihan lumayan agak jauh menurut orang tuaku dan saat itu aku juga masih kecil jadi mereka tidak memperbolehkannya. Nggak di sangka di sekolah SMP ada ekstrakulikuler yang namanya TS atau Tapak Suci, ini semacam silat tapi tradisional dan kepunyaan Muhammadiyah. Maklum SMP ku dulu disitu. Aku mencoba untuk mendaftar dan ikut. Setiap sore selama satu minggu sekali pasti latihan di halaman sekolah. Aku di Tapak Suci SMP hampir 1, 5tahun, udah diajarin jurus- jurus, persembahan dan pastinya paling asik belajar seninya pakai toya, dulu pernah punya toya sendiri loh tapi ditinggal di SMP jadi sekarang nggak punya deh. Udah pernah juga nampilin seni Tapak Suci sama team Karawitan SMP, jadi kita atraksi seni silat di iringi musik gamelan karawitan,,,keren pastinya.

Menginjak SMA dan berhubung masih di sekolah Muhammadiyah aku masih setia di Tapak Suci, kira- kira disini aku 2 tahun agak sedikit lama dari SMP. Bertemu teman- teman yang asik pastinya dari kakak kelas sampai teman satu angkatan. Ada kisah yang tak terlupakan saat di suruh pelatih buat maju pertandingan antar Tapak Suci Muhammadiyah se- eks karisidenan surakarta, tapi aku nggak bisa maju karena kurang berat badannya,,,haha #pengen ketawa kalo inget ini# pelatihnya aja juga ketawa katanya masak beratnya sedikit banget mbak- mbak. yah agak sedikit kecewa sih nggak bisa maju tanding tp tak apalah yang penting pernah sabung (tanding) di depan teman- teman semua. Seharusnya kalau lama di TS harus udah ganti sabuk yang menandakan level yang tinggi ya, tp nggak terjadi di aku, masih setia di sabuk kuning atau sabuk bagi pemula,,,hahaha. Kenapa masih di sabuk kuning???
Jawabnya karena aku belum pernah ikut UKT ( Ujian Kenaikan Tingkat ) ya jadinya kaya gitu deh setia di kuning.


Selang kuliah masih juga ingin di olahraga silat tapi penginnya udah pindah aliran dari Tapak Suci ke Taekwondo dari tradisional ke modern, karena kendalanya di waktu latihan pas sore hari dan aku masih kuliah jadi nggak bisa ikut deh. Sedih juga sebenarnya karena aku terlalu cinta dunia persilatan dan nggak bisa aktif lagi di sini, tapi apa boleh buat mau nggak mau harus ikhlas meninggalkan dunia persilatan.
Saking cintanya dengan dunia silat sampai pernah juga berpikir pengen punya kalau nggak calon suami yang anak silat,,,haha curcol.

Kenangan paling indah dan tak pernah terlupakan yang tak bisa terulang kembali, walaupun aku sering berharap bisa untuk memutar waktu buat kembali lagi, ketika aku bersama kalian teman- temanku semua di Tapak Suci 



NB : Terimakasih buat Mas Haris pelatih TS SMP MUH 1 SKA dan Pak Bambang pelatih TS SMA MUH 1 SKA serta teman- teman TS SMP dan SMA.

0 komentar :

Posting Komentar