Selasa, 16 Juli 2013


Sedikit bercerita tentang TPA (Taman Pendidikan Al- Qur’an). 15 tahun yang lalu ketika aku masih duduk di bangku sekolah dasar tepatnya kelas 1. Aku pertama belajar ngaji atau bisa di sebut TPA  di masjid deket rumah, masjid Al- Hidayah Soko. Biasa dulu aku masih ngintili mas ku belajar ngaji. Aku masih ingat pengajarnya mbak Ummi, dia pendiri TPA di kampungku, padahal dia bukan orang asli di kampungku hanya anak kost. Lama kelamaan bertambah banyak pengajarnya ada mas Ari, mas Awan, mas Tarom, mbak Yati,mbak Dwi,mbak Ika, mbak Ana dll pokoknya masih banyak. 
 
Dulu TPA itu asik banget menurut anak kecil sepertiku. Banyak temen bukan hanya di sekolah doang, tapi di rumah juga. Banyak agenda di TPA ku dulu. Kalo 17 Agustus sering tampil di panggung kampung bawain lagu nya Hadad Alwi feat Sulis (Cinta Rasul), Sering siaran juga di Radio RPM madegondo nyanyi cinta rasul, lir- ilir, drama sambil nyanyiin tepuk malaikat, Senandung Al Qur’an, Sebelas Bintang dan Matahari (Nabi Yusuf), Ikut Persami se- TPA kelurahan Grogol, terus kalo Ramadhan kaya gini pasti ada Lomba- lomba di masjid (lomba cerdas cermat, hafalan doa, hafalan surat pendek, sholat, adzan, wudhu dll).  Agenda yang paling di tunggu- tunggu anak TPA dulu adalah ketika Ramadhan tiba, yah pastilah TPA sambil berbuka bersama makan takjilan bareng- bareng, Takbiran keliling. Masih ingat banget kadang TPA nggak di semak tapi malah di dongengi cerita nabi- nabi sama mas Awan kadang juga mas Tarom. 

Pengajar- pengajar di atas masih mengajar sampai aku lulus SD, tapi setelah beberapa tahun mereka sedikit demi sedikit agak melepas rutinitasnya sebagai Guru Tpa. Mungkin karena mereka mempunyai kesibukan masing- masing seperti ada yang bekerja, kuliah, dan masih sekolah.  Mereka juga tidak mungkin jika harus menjadi Pengajar TPA selamanya, butuh generasi- generasi penerus mereka yang akan mendidik dan mengajari kita untuk belajar ngaji.
Setelah generasi yang tua-tua menghilang dari peradaban TPA Al- Hidayah, kini giliran muda- muda yang akan menggantikan kepengurusan TPA selanjutnya. Ada beberapa segelintir orang- orang di sini, seperti Dinta, Imah, Aku, Endu, Arini, Mas Kelik, Mas Budi, Mas Antok, Sholeh, Rizki, Indrut, Sukma, dll. Agenda TPA di periode ini masih sedikit sama dengan di atas, tapi banyak juga yang sudah hilang tidak terlaksana. Mungkin di sini juga sama masalahnya kita ada yang kuliah, sekolah dan bekerja sehingga banyak kendala untuk mengajar Tpa secara konsisten.
Tapi paling parah banget ketika vakumnya TPA selama 1 tahun yang lalu, antara ketika setelah selesainya program TPA di bulan Ramadhan tahun 2012 hingga ramadhan  di tahun 2013. Sumpah bener- bener nggak ada yang namanya TPA, biasanya kalo sebelum TPA itu ada musik- musik cinta rasul di puter di masjid. Tapi selama 1 tahun itu jg nggak ada namanya musik yang di puter di masjid yang nandain masuk TPA. Padahal banyak banget orang tua dari anak didik yang bertanya kenapa kog nggak ada TPA mas/ mbak, udah lama banget nggak ada TPA lho???
Yah Cuma bisa jawab maaf buk/ pak nggak ada guru yang bisa ngajar.  Bukannya nggak ada guru yang nggak bisa ngajar, tapi kurangnya konsisten dari guru tersebut untuk mengajar TPA dan juga aku tahu kita juga mempunyai kesibukan masing- masing.
Sekarang bukanya persoalan siapa yang harus mengajar di TPA, tapi kita juga butuh konsisten dalam setiap apa yang kita akan lakukan. Maaf jika selama ini tak pernah bisa maksimal dalam mengamalkan ilmu kepada adik- adik TPA ku dan maaf jika mengesampingkan kalian demi urusan masing- masing.
Sebaik-baiknya orang yang hidup di dunia ini adalah orang yang bermanfaat bagi Orang lain. Dan jika bukan kita siapa lagi yang akan mengawali langkah baik ini. Semoga kita bisa membagi waktu untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi umat. #menyemangatidiri

Terimakasih buat guru- guru TPA ku semua, kalian adalah para pendidik- pendidik yang Luar Biasa.


Galau Habis Rapat TPA 10 Juli 2013

0 komentar :

Posting Komentar